Monday, December 21, 2009

Rumput Tetangga

Ga bisa di pungkiri, yang namanya manusia emang ga pernah puas. Udah punya banyak hal, masih aja pengen yang lain. Udah punya banyak kelebihan, masih aja iri dengan kelebihan orang lain. Mungkin ini udah bawaan lahir kali ya.

Pernah perhatiin anak kecil? Biasanya ada anak yang selalu pengen barang yang dipegang anak lain. Meskipun udah punya mainan sendiri, tapi begitu lihat mainan anak yang lain, langsung kepengen juga. Alhasil berantem dan rebut-rebutan. Disogok pake mainan yang lain tetep aja ga mau. (Memang anak jaman  skg pada pinter... haha)

Sebenernya kebiasaan kaya gini juga berlangsung bahkan sampai kita tua. Yah ga pernah puas itu. Cuma bedanya yang udah pada gede lebih jaim. Jadi cuma mentok di hati aja. Ga sampe berantem atau tarik-tarikan baju. Yang penting tetep keliatan cool. halah. 

Kalo mau jujur, setiap orang pasti pernah iri. Sama anak tetangga yang sering diceritain kehebatannya oleh orang tua, cewek perfect yang cantik dan jago segalanya, atau sama temen yang sukses setelah lulus. 

Emang rumput tetangga selalu lebih hijau. Sering kali kita terlalu lama melihat ke atas tapi lupa untuk melihat ke bawah juga. Jadinya leher jadi pada encok dan susah beli koyo. halah. Melihat ke atas emang bagus. Menyemangati kita buat sampai kesana juga. Tapi terlalu lama melihat keatas, juga bisa bikin kita minder. Padahal masih banyak orang yg dibawah kita. Atau sadar ga sadar pasti juga ada orang lain yang iri sama kita. 

Kadang kita iri dengan apa yang orang lain punya. Tapi sadar ga sih? Kalau keasikan melihat rumput tetangga membuat kita lupa mengolah taman kita sendiri. Dari pada sirik melihat kesuksesan orang lain, lebih baik fokus pada diri sendiri. Kalo cuma jadi penonton ya wajar aja kalau ga pernah maju. 

Emang rasanya susah ngehindarin rasa iri. Pikiran-pikiran negatif itu akan selalu datang. And all we have to do is switch the channel, and start doing something useful. Bersyukur dengan apa yang kita punya dan be successful in our own way. Setiap orang punya jalan yang berbeda, so let's find yours.

Last words. Ada yang pernah bilang kaya gini.
"Mungkin kita bisa ikut menangis saat temen kita susah, tapi apa kita bisa ikut tertawa tulus ketika melihat dia berhasil? karena itulah teman yang sesungguhnya."

No comments :

Post a Comment